Sabtu, 19 Februari 2011

Kelebihan dan Kekurangan Ngeblog di WordPress dan Blogspot

 Layanan blogging wordpres dan blogspot sebagai mana kita ketahui adalah biangnya layanan blog gratis dari sekian banyak layanan blog.  Blogger Indonesia umumnya menggunakan kedua layanan blog ini.  Dilihat dari sisi kepentingan pengguna (blogger), kedua layanan blog ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Sehingga muncul pertanyaan “mana yang paling enak, paling bagus, atau paling lengkap..
ngeblog di wordpress atau di blogspot?”. Sulit menjawabnya, karena setiap blogger mempunyai kepentingan yang tidak sama.
Perbedaan WordPress dan Blogspot dilihat dari kepentingan blogger.
No Fasilitas WordPress Blogspot
1 Statistik Tersedia statistik yang sangat lengkap, dimana semua aktivitas blog bisa kita pantau. Taffic yang datang dari mana sumbernya dipantau. Tidak tersedia
2 Askimet Askimet, adalah alat blokir spam yang sangat mantap, sehingga blogger tidak perlu lagi menggunakan chapca dan moderasi komentar. Chapca, kurang mantap.
3 Template/Themes Tersedia dengan jumlah banyak, 2 kolom, 3 kolom dan 4 kolom. Tampilan profesional, umumnya tidak bisa modiv…themes external tidak bisa Tidak banyak, tapi bisa menggunakan template eksternal, dan bisa menambah meta tag html.
4. Java script Tidak bisa digunakan Bisa digunakan
5. Pasang iklan Dilarang ! Tidak dilarang
6. Widget Dilengkapi widget utama yang lengkap (reccent post, reccent comment, klik tertinggi dll.), widget aksesories kurang. Tidak terdapat, kurang lengkap, tapi widget aksesories sangat banyak.
7. Dhasboard dari dhasboard wordpress, bisa memantau semua aktivitas blog, blogger top ditampilkan dimana kita bisa ngelink mereka. Kurang lengkap
8. Halaman Statis Tersedia. Dengan adanya halaman statis, blogger yang kreatif bisa memanfaatkannya. Tidak tersedia

Dan lain-lain

Demikian perbandingan antara wordpress dan blogspot. Jadi intinya mau wordpress atau blogspot pada dasarnya sama saja, tergantung tujuan penggunaan blogger itu sendiri. Biasanya kalo blogger yang sudah fanatik pada satu biasanya susah pindah ke yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar