Senin, 28 Februari 2011

Bagaimana cara anda mengelola blog?

Pada postingan kali ini saya ingin bertanya kepada anda berapa banyak website yang anda miliki dan bagaimana mengelolanya. berdasarkan pengamatan saya, ada beberapa tipe blogger. yang pertama mereka hanya sekedar menulis apa yang ingin mereka tulis dan berbagi dengan orang lain di seluruh dunia. tipe yang ini mungkin menginginkan halaman blog yang sederhana untuk menyimpan buku diary mereka. yang kedua, mereka adalah bisnisman yang membutuhkan sarana online
untuk mendukung bisnis offline mereka. yang ketiga lebih dari sekedar menulis, mereka memposting artikel, mengelola website, menghabiskan waktu di depan layar monitor sampai lupa anak istri untuk mendapatkan uang secara online. kelompok inilah yang menurut saya paling populer dewasa ini. termasuk dalam kelompok manakah anda? kalau saya sementara tipe yang ketiga. he...he...he..

rekan netter sekalian, dengan adanya kemudahan dalam mengatur blog gratisan yang di tawarkan oleh Blogger, Wordpress, Multiply dan yang lainya, serta domain dan hosting gratisan, menjadikan kita begitu mudah untuk membuat website "pembuat uang" sebanyak yang kita inginkan hanya dengan modal Rp.0 atau $0. sangat mudah untuk menyeting Google AdSense, afiliasi atau iklan banner di blog dan bahkan membuat situs afiliasi duplikat dari situs-situs yang sudah terkenal.

jika kita mematuhi aturan umum blogging (website dengan konten yang unik, no plagiating dll), kita dapat dengan mudah mengelola satu atau dua atau tiga website. pertanyaan saya selanjutnya adalah bagaimanakah cara anda mengelola puluhan website dengan semua konten yang unik (original content) yang segar terus dan menarik pembaca? apakah anda menyewa penulis untuk membantu anda memposting artikel? ataukah anda dengan terpaksa membajak konten dari situs lain? jawabanya bisa "iya" dan "iya" lagi. he...he...he...

mari kita sharing pengalaman kita. dalam dunia internet, saya terbilang pendatang baru. tapi saya harus mengelola beberapa situs yang saya miliki yang sebenarnya sangat sulit dan masalah yang saya hadapi adalah kurangnya frekuensi konten baru yang segar. kadang saya bekerja sama dengan teman untuk saling kirim artikel tapi jujur sulit untuk mendapat artikel bagus yang kita inginkan.

jika anda ingin memposting artikel dengan sangat mudah, anda bisa mengunjungi situs penyedia tenaga "ahli" untuk membuatkan artikel sesuai dengan bidangnya masing-masing. tentunya anda harus merogoh kocek anda. cara lain yang lebih natural yaitu dengan memperbanyak membaca, blogwalking, browsing dll. hal ini bisa membantu anda menemukan ide-ide yang segar untuk ditulis.

sebenarnya saya punya ide lagi, tapi kelihatannya kurang pantas untuk ditulis di sini dan orang bijak pasti lebih memilih untuk mengatakan "butuh waktu lama dan kesabaran untuk membangun, membina, dan menumbuhkan jaringan website atau blog anda. ketatnya kompetisi di luar sana, terjadi salah satunya karena masing-masing ingin mendapatkan uang secara online.

jadi kembali ke pertanyaan saya di atas. berapa blog atau website yang anda miliki,
bagaimana mengelolanya, apa tujuan anda membuat blog-blog tersebut? apakah sebagai pengganti buku diary? ataukah untuk "membuat" uang? jika anda termasuk blogger pemula, ngeblog untuk mendapat duit, kenapa tidak?

0 komentar:

Posting Komentar