Senin, 28 Februari 2011

Cara dan Strategi Bisnis Internet Melalui Toko Online

Toko online semakin banyak di jumpai di internet, memang bisnis di internet melalui toko online semakin hari semakin marak di Indonesia. Bahkan Bang Fani juga dulu sempat punya rencana bisnis di internet melalui toko online, hanya saja sampai posting ini di buat hal itu belum juga terlaksana…hehe..( Mohon doanya semoga dalam waktu dekat bisa terealisasi ya)
Toko online paling terkenal di dunia adalah Amazon yang sudah jelas kredibilitasnya. Sedangkan di Indonesia banyak juga toko online yang layak dipercaya. Jika anda ingin suskses bisnis internet melalui toko online maka hal pertama yang harus anda bangun adalah rasa kepercayaan kosumen. Jika konsumen sudah percaya dengan toko online anda maka dia akan kembali belanja di toko online anda yang lebih diprioritaskan dan dia tidak akan sungkan2 untuk merekomendasikan toko online anda kepada kolega dan relasinya. Kepercayaan konsumen sangat penting karena banyak isu tentang beberapa oknum toko online yang menipu konsumen melalui toko online fiktif.
Berikut adalah beberapa tips meraih sukses bisnis di internet melalui toko online :
1. Fokus pada satu jenis produk.
Jika anda berencana menjual buku di internet lewat toko online, usahakan website / blog anda hanya berisi tentang buku saja, jangan di campur dengan jualan pakaian, apalagi jualan alat bantu sex, wedew nggak nyambung boss…!!hehe
Kecuali produk lain yang berhubungan dengan buku, seperti jualan kertas atau jualan alat tulis.
2. Rajin Promosikan Toko Online.
Rajin-rajinlah mempromosikan toko online anda, baik melalui social networking seperti Friendster, Facebook, Twitter, YM maupun dari mulut ke mulut serta strategy marketing lain yang anda ketahui. Dengan FB anda bisa nge-tag foto produk ke friend list di FB anda atau posting lewat tautan, tapi jangan terlalu sering karena akan di complain oleh teman2 FB anda.
3. Percantik Tampilan Website / Blog Toko Online.
Desain menarik mungkin web / blog toko online anda, supaya toko online anda mempunyai karakter yang khas dan terekam di memori pengunjung. Navigasi nya cukup sederhana saja agar calon konsumen tidak bingung tentang cara belanja di toko online milik anda.
4. Gunakan Teknik SEO
Untuk mensupport toko online anda pada search engine seperti Google, Yahoo, Msn dan sebagainya gunakanlah teknik SEO supaya keyword yang anda bidik dapat di kuasai. Jika memiliki sedikit usahakan gunakan domain Dot Com agar image-nya lebih profesional.
5. Jika Bang Fani belanja di toko online anda suatu saat nanti, maka beri Bang Fani diskon sebesar mungkin, hal ini dapat menjadi penglaris toko online anda tanpa jimat, kemenyan atau sesajen dan sejenisnya…hahahahaha….just kidding boss…!!!
Okay sobat, selamat memulai bisnis internet melalui toko online, Bang Fani berharap toko online anda sukses dan jangan lupa bersyukur kepada Allah SWT meski anda belum meraih kesuksesan finalsial, karena kunci kebahagiaan hidup adalah dengan rasa syukur.

0 komentar:

Posting Komentar